infopaytren.com

POSTING TERBARU

Home » , » Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara mengatasi wajah berminyak. Satu hal yang perlu diingat, jerawat erat hubungannya dengan wajah kotor dan berminyak. Apabila wajah berminyak terus dibiarkan tanpa melakukan perawatan khusus, tentu anda akan kesulitan dalam mengatasi jerawat.

Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Sebenarnya dengan mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup untuk menyingkirkan minyak dan kotoran berlebih. Namun anda harus memperhatikan apa saja sebenarnya penyebab minyak pada wajah.

cara mengatasi wajah berminyak

Penyebab Kulit Berminyak

Genetik
Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.

Obat-obatan
Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut. Coba konsultasikan masalah itu pada dokter.

Kesalahan produk
Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya. Misalnya memakai produk untuk kulit berminyak padahal memiliki kulit kombinasi.

Perubahan hormon
Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.

Alat kecantikan
Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.

Tanning
Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.

Selain itu, ada pula 4 faktor lainnya yang kami sadur dari detik.com

4 Penyebab Kulit Wajah Berminyak

1. Siklus Menstruasi
Jerawat jadi bertambah banyak menjelang haid? Salahkan hormon wanita Anda. Setiap bulannya, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Kondisi tersebut bisa menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat, debu cepat menempel di permukaan kulit dan timbullah jerawat. Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan, gunakan pembersih wajah berbentuk foam. Pembersih ini lebih efektif mengangkat kotoran ketimbang milk atau oil cleanser. Pilih pembersih dengan formula oil-free.

2. Stres
Saat stres, hormon yang dinamakan kortisol akan diproduksi untuk membuat Anda lebih fokus dan waspada, sehingga masalah yang menyebabkan stres bisa lebih cepat teratasi. Tapi jika terlalu banyak dilepaskan oleh tubuh, kortisol bisa jadi 'bencana' bagi kesehatan maupun kulit Anda. Peningkatkan hormon kortisol bisa meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak Anda, sebagai reaksi tubuh terhadap hormon tersebut.

Jika produksi minyak berlebih karena faktor ini, pertama-tama atasi dulu pikiran Anda dari stres. Bisa dengan meditasi atau relaksasi menggunakan aromaterapi. Sebagai langkah instan, Anda bisa coba memakai masker berbahan dasar tanah liat yang berfungsi menyerap kelebihan minyak dan menenangkan kulit.

3. Cuaca
Cuaca sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat. Tapi di cuaca yang panas dan lembab, kulit jadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman ketimbang cuaca dingin. Agar kulit tampak matte dan make-up bertahan lama di cuaca panas, gunakan primer atau dasar make-up dengan formula mattyfing yang membantu menyerap minyak dan mengurangi kilap.

4. Kosmetik
Kosmetik memang tidak menambah produksi minyak di kulit, tapi make-up yang terlalu berat bisa membuat minyak terperangkap di bawah kulit dan memperparah jerawat, bahkan bisa membuatnya meradang. Hindari memakai kosmetik tebal dalam waktu lama, dan jangan lupa hilangkan riasan dengan tiga tahap (make-up remover, pembersih, penyegar) agar bersih sempurna.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Perawatan untuk wajah berminyak bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti:

Masker Pisang
Selain dapat dikonsumsi untuk mengurangi kram saat haid, pisang juga mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara membuat masker dari pisang adalah haluskan pisang, lalu aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya.

Masker Lemon
Lemon mengandung Vitamin C yang dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan mengurangi noda bekas jerawat. Cara membuat masker dari lemon adalah dengan memerasnya, kemudian tambahkan madu, lalu aplikasikan ke wajah dan leher Anda. Untuk hasil yang maksimal, dampingi dengan meminum air lemon hangat yang ditambah madu untuk membersihkan kulit dari dalam.

Masker Apel
Apel mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit. Selain itu, apel juga mengandung elastin dan kolagen. Kedua zat tersebut dapat membuat kulit tetap muda. Blender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar, lalu aplikasikan pada wajah Anda. Kulit Anda pun akan nampak semakin cerah dan tampak muda.

Gunakan tabir surya
Jika ingin melindungi kulit berminyak Anda dari sinar UV yang berbahaya, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Juga, pastikan tabir surya tersebut tidak mengandung pelembab di dalamnya.

Salicylic acid
Asam salisilat mengelupas kelenjar produksi minyak dan folikel, serta mengurangi jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit. Jadi, ketika Anda ingin membeli pembersih atau krim wajah, cari yang mengandung zat ini.

Masker Mangga
Mangga bukan hanya buah yang enak rasanya, tapi juga banyak manfaatnya. Sama halnya dengan beberapa buah lain, mangga juga mengandung Vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi kulit serta mengencangkan kulit wajah.

Dan tentu saja, yang sangat direkomendasikan tak lain ialah masker madu. Selain berguna untuk menghilangkan bekas jerawat, madu sangat ampuh untuk berbagai masalah kecantikan lainnya seperti halnya wajah berminyak.

Nah kurang lebih seperti itu cara mengatasi wajah berminyak. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Jangan lupa share ke sosial media facebook twitter dan lainnya melalui tombol - tombol di bawah ini :)

Sumber :
http://www.merdeka.com/gaya/9-penyebab-wajah-berminyak.html
http://vemale.com
http://ponds.co.id

0 komentar:

Posting Komentar